Selasa, 29 April 2014

Cita - Cita Ambu Untuk VBAC



"sore bu, gimana, sehat?" sapa Dsog pas ambu masuk"
"alhamdulillah sehat dok..." jawab ambu, ambu emang sehat banget kok. Kemaren ke dokter soalnya mau kontrol IUD 6 bulanan yang udah 4taun disimpen di rahim ambu. Sekalian konsultasi tentang rencana kehamilan yang kedua. Walaupun rencananya pengen pas Haura udah 7taun, tapi udah kebayang-bayang pengen hamil lagi. Hihi.. Apalagi sekarang udah kenal sama gentle birth. Semangat pengen hamil lagi dan bisa sukses VBAC bener-bener membara(?).

" Dokter, kalo saya hamil lagi nanti lahirannya bisa normal nggak?" tanya ambu langsung to the point.
" dulu caesarnya kenapa bu?" dokter balik nanya sambil baca rekam medis ambu.
" kelilit tali pusar sama sungsang dok..... "
" mmm.... ini ibu tinggi nya kurang juga bu. Bisa sih bu, tapi beresiko.. " waduh, kayaknya jawabannya nggak ngedukung secara halus nih....
" jadi nggak bisa dok? "
" bisa, cuma kan ibu tingginya cuma 150 cm, jadi resikonya bayinya nggak bisa masuk panggul. Nantinya jadi mentok bu, bayinya ngak bisa keluar... " jawab dokternya lagi. Wah, berarti ambu harus pindah dokter nih, dokter ambu selama ini ternyata nggak pro VBAC.
" jadi resiko nya lebih ke bayinya yah dok ?" saya tanya lagi.
" iya, bayinya nanti kasian kalo mentok bu. Buat ibunya juga itu rahimnya bisa sobek loh bu..... Kan itu bekas Caesar jaitan loh bu. Kan rentan kalo nanti kontraksi... kalo lepas lagi gimana coba?? " jawab dokter, makin memperjelas kalo dokternya sama sekali nggak akan ngedukung rencana vbac ambu.

" ooohh... jadi masalahnya tinggi badan saya yah dok ? berarti nggak bisa di apa-apain dong yah ?" ambu nanya sambil pura-pura nggak ngerti apa-apa. Ambu kan nggak mau frontal bilang ke dokter kalo ambu tau tinggi ambu nggak pendek2 amat, dan banyak yang bisa lahir normal tapi jauh lebih pendek dari ambu. Kan walaupun udah pasti kalo hamil anak kedua nggak akan balik lagi ke dokter satu ini ( soalnya nggak ngedukung vbac ), tapi kita harus tetep menjalin hubungan baik. Jadi sekarang ambu ceritanya jadi pasien yang manut aja ke dokternya. Hehehehe.....
" iya bu... tapi kalo ibu mau nyoba normal dulu, boleh.... tapi resiko nya tinggi banget bu,, "
" hmmm.... kalo Caesar maksimal bisa sampe berapa kali dok ?" ambu pura-pura blo'on lagi nanya yang udah tau jawabannya.
" sampe 4 kali bisa kok bu, emang ibu mau punya anak berapa ?" mungkin dokternya sambil meyakinkan kalo masih bisa kok kalo mau punya anak lebih dari dua. Secara yah, kan sekarang kebanyakan punya anak paling 2 ato 3. Tapi maaf dok, ambu sama abah pengen punya banyak anak. Heuheu..
" mmm.... 6 ato 7 dok.." ambu jawab dan langsung bikin dokter sama susternya ketawa-ketawa. Kayaknya di dalem hatinya bilang 'gila yah... hari gini punya anak banyak ?? nggak salah?? '.
" Waduuuuhh.... si ibu banyak amat bu, yuk kita sambil liat dulu IUd nya.. " kata dokternya masih ngetawain ambu.
" Bagus bu, aman kok.. ini IUD nya yah, masih di tempatnya.. " kata dokter sambil nunjukin alat KB yang ambu pake, keliatan ada kata huruf  T kecil.
" Nggak mau dibuka sekarang aja bu? " lanjut dokter.
" nggak ah... nanti aja, hehehe... "
" anaknya berapa taun bu ? " tanya dokter lagi.
" 4 taun dok sekarang .. "
" cukup atuh bu, udah waktunya punya adik.. beneran nggak akan dibuka sekarang ? berapa umur ibu sekarang " waduh dokter antusias banget yah nanya mulu.
" 25 dok, masih muda kan buat punya anak banyak... hehe  "
" semangat banget bu, pengen anaknya banyak, dasar si ibu  " kata dokter sambil nyengir lagi.
" kan nenek suami saya juga anaknya 10, tapi tetep aja udah tuanya kesepian dok, padahal tiap hari anak-anaknya gantian nemenin. Biar saya sama suami saya pas udah tua nggak kesepian dok.... hehe " dokternya kayaknya tambah bingung sama jawaban ambu.
" mikirnya meni udah jauh bu... hehehe... " lagi-lagi dokter gomentarin jawaban ambu sambil ketawa, sama kayak susternya.
" jadi beneran nggak bisa yah dok kalo pengen lahirannya normal ? soalnya tinggi badan saya nggak bisa di apa-apain ? " ambu nyimpulin omongan dokternya.
" iya bu, nggak apa-apa bu, caesar lagi aja. kan biar jatah buat bapaknya ( suami) nggak rusak kalo caesar, iya kan bu? hehehe.." dokter masih usaha nih biar ambu milih caesar.
" yaaaa.... gimana dong dok, da nggak bisa digimana-manain lagi tinggi mah.. hehe.. sama ini dok, saya mau tanya kalo saya dulu jaitannya yang doule layer atu single layer? " pindah topik nih ambu. Dan sekarang udah ada senam kegel kali dok..  :) * ngomentarin omongan dokter tentang jatah suami, hihihi*.
" ada apa gitu bu ? " dokternya kayak yang kaget saya nanya gitu.
" kan saya baca-baca di artikel, katanya kalo yang jaitannya doble layer kemungkinan buat lahiran normal di kehamilan selanjutnya lebih gede.. bener nggak dok ? " sambil deg-degan nih nanyanya , takut dibilang sok tau.
" double kok bu, kalo sekarang kan udah tambah modern bu.. tapi itu tetep bu, walaupun rahim ibunya bagus tapi kalo bayi nggak bisa turun ke panggul karena pinggul ibunya sempit kan bahaya... " jawab dokternya. Ternyata masih keukeuh yah nyaranin caesar.
" hehe... masalahnya tetep tinggi badan yah dok ? iya deh nanti saya laporan ke suami, ya udah dok, makasih... " ambu pamit akhirnya. Sambil senyum ke dokter sama susternya. Sebenernya rada bete juga ujung-ujungnya ke tingi badan lagi. Tapi kan harus tetep baik-baik ngadepinnya.
" iya bu, sama-sama , sehat terus ya bu... " jawab dokternya. Ini nama dokternya ambu nggak publish yah, takut mencemarkan nama baik. Rada ngeri sayyyy..., sekarang jamannya maen tuntut. hihi.....

Ambu akhirnya ambil keputusan kalo hamil anak kedua nggak akan balik lagi kesini. Kecuali nanti buat buka KB. Biar puguh aja, kan yang masangnya dokter itu, jadi yang lepasnya juga pengen dokter yang sama. Ambu mau cari suaka yang berani nerima ibu hamil yang tinggi badannya 150cm dengan riwayat caesar dan pengen bisa lahiran dengan vbac. * ini kok kayak yang udah hamil yah? heboh banget *. Soalnya ambu punya banyak temen yang lebih pendek dari ambu tapi lahirannya normal dan lancar-lancar aja. Jadi kan ambu juga yakin ambu juga bisa lahiran normal. Apalagi dari banyak artikel yang ambu baca, sekalipun pinggulnya sempit, caesar bukan harga mati. Selama bayinya nggak terlalu gede.

Pulang dari dokter langsung laporan ke abah tentang obrolan sama dokter tadi. Abah nggak nganter ambu soalnya abah lagi kejar setoran biar cepet punya berlian satu kontainer. heheh... Abah yang selalu ngasih semangat buat vbac langsung bilang " cari dokter lagi bu... ". Selain ambu yang pengen banget, abah juga pengen banget ambu bisa berhasil vbac. Alesannya banyak. Pertama jelas biar anaknya banyak, kalo caesar kan cuma 4 kali. Kedua recovery yang jauuuhh... lebih cepet. Waktu kita nengok tetehnya abah yang lahiran normal, abah langsung bilang " tuh bu, makanya harus normal yah, teh neng juga udah jag-jag (bugar) gitu habis ngelahirin teh, ambu harus semangat yah..... "
Ya iya lah, ngebayangin rasa sakit pas obat bius habis aja udah ogah banget banget bangeeeeett..... Cenat cenut tiada tara udahnya. Boro boro pengen ngerasain lagi. Mudah-mudahan nggak ngalamin lagi Ya Alllaaahh.....

Abah jadi banyak pe er deh sekarang. Abah harus nemenin ambu cari dsog yang nyaman di ajak diskusi, ramah dan mendukung vbac. Sayang banget sebenernya dsog sebelumnya nyaman banget. Kalo kita konsultasi bisa sepuasnya, kalo nerangin jelas banget. Nggak ngerasa di buru-buru. Ramah, suster sama bidan di tempat kliniknya juga semuanya ramah. Dulu berharap dokternya pro vbac, jadi nggak usah nyari lagi. Padahal berharap banget dokter X ini pro vbac. Soalnya pas ambu hamil Haura dulu, walaupun udah vonis caesar, tapi tetep di usg dan observasi lagi pas ambu ternyata ada kontraksi. Bidannya masih usaha biar bisa lahir normal. Kecewa berat deh ternyata dokter favoritnya nggak pro vbac.

Kalo dulu nggak nyasar ke blog yang ngebahas tentang kisah kelahiran Atisha, putri dari Dee Lestari yang buat ambu itu luarrrrrr biasa keren dan sangat inspiratif. Mungkin ambu bakal manut aja ke dokternya. Bersyukur banget banget deh udah nyasar ke blog itu. Kisah kelahirannya bener-bener bikin pola pikir baru buat ambu tentang kelahiran dan kehamilan. Dan pas baca itu, asli ambu sampe nangis bacanya. Antara terharu, kagum, dan rasa bersalah ke Haura karena nggak bisa dengan lembut mengantarkannya ke dunia. Menguras emosi banget lah pas baca itu.

Jadilah makin penasaran sana gentle birth. Tiap hari browsing, tentang gente birth, water birth, dan pengalaman-pengalaman yang berhasil homebirth. Apalagi nongkrong di web nya Bidan Kita. Betttaaaah...... banget kalo udah nyangkut disitu. Beralih lah dari yang tadinya sekedar pengen bisa ngelahirin normal di kehamilan selanjutnya, jadi banyak pengennya. Kok jadi banyak pengennya sih??? Ya jelas lah, daftar kepengen jadi panjang banget. Siapa coba yang nggak kepengen bisa melahirkan dengan minim trauma, penyembuhan yang cepat, juga jadi kado terbaik untuk bayi. Jadi pengen sukses vbac dengan metode gentle bith, mudah-mudahan berjodoh dengan waterbirth, penundaan pemotongan tali pusat, sampe pengen banget bisa home birth yang cuma ditemenin sama abah. * ngebet pengen kayak Dee Lestari yang cuma dibantu suaminya, Reza Gunawan * heheheh..... Udah pasti juga biar kelahirannya minim trauma. Ambu jadi curiga tentang kebiasaan Haura yang sering tiba-tiba nangis histeris pas lagi nyenyak tidur. Kebayang jangan-jangan pas caesar dulu Haura lagi nyaman tidur, tiba-tiba ditarik keluar dengan keadaan yang menyilaukan karena dia atasnya ada lampu operasi yang gede banget, berisik, keras, dingin. Pas Haura keluar dari perut ambu, Haura nangis kenceng banget. Kayaknya bukan sekedar nangis deh, tapi marah karena kenyamanannya diganggu. Sedih rasanya kalo ngebayangin trauma Haura, jadi merasa bersalah..

Yang terakhir ini abah nggak setuju. Yang tentang homebirth. Abah sih dari semenjak haura lahir juga kan udah pengen banget ambu bisa ngelahirin normal di kehamilan selanjutnya. Sama kayak ambu, cuma sekedar ingin lair normal aja. Tapi yang abah pengen saat itu harus di RS yang gede, yang memungkinkan buat caesar mendadak kalo kalo rencana vbac nya gagal. Makanya pas ambu ceritain tentang banyak yang melahirkan dengan gentle itu homebirth, abah jadi ngeri sendiri. Bukan ambu namanya kalo nggak terus ngeracunin abah dengan prinsip-prinsip sama kisah indah tentang gentlebirth. Serasa jadi penyuluh gentlebirth, mirip kayak sales yang lagi promo. Heuheu. Tapi bukan berarti kalo mau vbac nggak boleh di RS loh yaahhh... justru lebih baik emnag di RS, biar kalo ada apa-apa, tindakannya cepet. Sayang aja masih sedikit RS yang mengacu ke prinsip gentlebirth. Kebanyakan kalo ke RS pasti caesar lagi. Jadi pilihan para ibu yang pengen vbac dan proses kelahiran anaknya se alami mungkin jadi beralih ke klinik klinik gentle birth.

Tiap hari ambu cuap-cuap ke abah. Lama lama abah jadi "terinfeksi" juga. Hahahaha.... akhirnya abah setuju kalo ambu boleh ngelahirin yang nggak harus di rumah sakit gede, tapi harus tetep di klinik, nggak boleh nekad homebirth. Kata abah, klao kehamilan anak kedua bisa sukses vbac nya, baru nanti anak ketiga abah pikir-pikir lagi buat home birth. Pilihan jatoh deh ke klinik yang  menerapkan metode gentle birth, waterbirth, lotus birth di Bandung. Nama kliniknya Galenia, ada di daerah Dago. Asik banget kan bisa sambil jalan-jalan. *hihi... ini mah modus terselubung pengen shopping*. Pengennya sih ke Ubud yah, biar dibantu ibu Robin Lim. Mmmmm....liburan ke bali aja belom pernah, ini pengen lahiran di bali!!! paarrrraahhh.....  # gubrak #. Walaupun belom ngijinin homebirth, tapi seneng banget udah boleh di klinik juga. Bukan anti RS, tapi baca dari pengalaman temen-temen blogger, kalo di rumah sakit terlalu banyak intervensi medis yang nggak perlunya. Apalagi kalo tau kita punya riwayat caesar. Kita jadi makin terintimidasi. Bahkan ada yang malah djudesin sama susternya. Daripada gagal vbac gara-gara intervensi medis yang nggak perlu, mending usaha dulu di klinik yang sesuai kriteria kita. Toh kalupun akhirnya ada keadaan yang bikin harus caesar lagi, pasti dirujuk ke RS.

Mudah-mudahan keinginan dan ciat-cita ambu yang pengen banget berhasil vbac bakalan tercapai. Ambu udah punya birth plan buat hamil nanti, secara teori udah tau harus memberdayakan diri kayak gimana pas hamil nanti, rajin baca tentang kisah sukses vbac, nonton video melahirkan dengan gentlebirth, baik yang waterbirth ato nggak. Udah kayak yang emang lagi hamil kayaknya nih kepo nya. Hahahaha... tapi kan ini semua biar tambah semangat dan yakin kalo ambu juga bisa melahirkan anak-anak ambu melalui jalan yang seharusnya. mengutif kata-kata ibu Robin Lim " Tuhan hanya menciptakan vagina, Dia tidak menciptakan "jendela" di perut seorang perempuan. "

----------------------------------------------------------------------------------------------------------


Related Post

1 komentar:

  1. ambu berhasil ga vbac nya? skr mah galenia/ klinik lain udh ga bolehin vbac.. dan vbac hanya bisa dilakukan oleh rs

    BalasHapus

Sumpah!
Kita seneng kalo ada yang komentar, apalagi kalo komentarnya bagus.
Ayo komentar jangan cuma jadi silent reader.
Terimakasih juga sudah berkunjung, ditunggu kunjungan selanjutnya.
(n_n)