Senin, 07 April 2014

Metamorfosis Cita-cita



Dari judulnya kayak dalem banget yah… kalo kurang dalem, cari sumur yah biar dalem hehehe… lebih cocok sih plin-plan yah cuman biar lebih keren ajah. OK kita langsung ajah. Al kisah (cie…) dulu pas abah lagi SD (gak ada TK dikampung, jadi langsung SD) cita-cita abah jadi astronot, wis keren gak tuh cuman sayang ternyata pas lama-lama kepikiran juga katanya belum pernah ada orang Indonesia yang ke bulan. Jadi rada pesimis nih, tapi bukan karena itu berubah pikirannya tapi karena abah kan takut ketinggian, kalo ke bulan kan lebih dari tinggi.


Kelas 3an lah yah, lupa persisnya kelas berapa SD pokoknya masih rada-rada kecil. Sempet pengen jadi Pelukis gara-gara liat lukisan yang mirip banget sama orang, persis foto. Wih… keren juga bisa bikin lukisan yang kayak gitu. Tapi ternyata pelukis gak semuanya kaya, mulai berubah pikiran lagi. Gak munafik,semua orang butuh uang kan???

Akhirnya milih jadi dokter, banyak duit dong (bener gak?). kepikiran kalo banyak pasien pasti banyak duit kan.  Sayangnya kurang suka juga sama Ilmu Pengetahuan Alam alias IPA, dulu kan mikirnya kalo mau jadi dokter harus pinter IPAnya kalo sekarang… tetep mikir kayak gitu juga sih (hahahaha). Sambil gamang mikirin cita-cita, walau pun gak dipikirin juga sih sebenernya cuman kadang lagi ngelamun, kalo gede mau jadi apa yah? Nah, ketemu sama cita-cita yang gak susah dan banyak duit (kayaknya sih, cuman berspekulasi ajah).


Cita-cita yang kayak liat seberkas cahaya dilorong gua yang pengap dan sempit ini (mulai lebay, hahahaha), akhirnya ketemu. Jadi desainer grafis baju, awalnya gara-gara liat liputan tentang outlet baju anak muda. Dulu belum tau kalo itu distro namanya, maklum lah anggun alias anak gunung. Gila keren dari coretan asal-asalan bisa dijual mahal tu baju. Dari situ jadi pengen desainer grafis walau pun sebenernya dulu nyebutnya tukang bikin gambar dibaju heuheuheu…

Masa-masa SMP udah lupa tuh sama cita-cita dulu soalnya lagi asik sama mainan baru, temen baru dan baru tau juga sama yang namanya pacaran (cie…. Don’t try this anywhere heuheu). Baru kelas 1 belum kepikiran sama cita-cita lagi nih. Kelas 2 nemu deh cita-cita baru, pengen jadi artis (what…???). Gak salah kan pengen namanya juga, gara-garanya seneng nge’band walau amburadul tapi serasa paling eksis dan paling jago padahal mah cemen. Inget dulu bikin band tapi yang bisa maen gitar cuman dua orang, sisanya pada buta kunci. Akhirnya belajar dulu masing-masing tapi karena ke”khas”an suara abah (hahahahaha) abah jadi vokalis (widiw…)

Ralat yang atas yah, bukan karena “khas” tapi gara-gara abah yang paling telat belajar gitarnya. Ok gpp lah… kalo terkenal kan vokalis paling depan. Nih personelnya tapi pegang apanya gak mutlak soalnya kebanyakan, kadang adi ini, kadang jadi itu.

Dicky – Guitar
Uga – Melodi
Temi – Bass
Pupung – Drum
Gilang & Prima – Vokalis

Gak yang lama, gak juga yang baru, sama-sama suka ganti-ganti personel. Kelas tiga kita ada gesekan, hahahaha lebaynya anak SMP. Jadi personel yang tiba-tiba maen sama band laen tanpa sepengetahuan band kita, kita keluarin secara tidak hormat. Marahan, ngambek, gak nanya dan segalanya lebay.
Omong-omong belum cerita yah nama bandnya, dulu bikin dragger star yang artinya kita juga gak tau, pokoknya keren ajah. Terinspirasi dari Linkin Park yang sampe sekarang masih keren. Trus kita rubah jadi plasma, gara-gara belajar biologi ada kata-kata plasma. Pas kita bikin stiker yang geuleuh alias jijik banget yah desainnya, kita tiba-tiba berubah nama gara-gara salah huruf, ketambahin “n” jadi “plasman” yang gak tau artinya. Dari perjalanan yang cukup panjang, mulai dari pembentukan, belajar gitar, ganti personel, bikin stiker dan ganti nama itu gak ada apa-apanya. Paling keren itu adalah kita gak pernah manggung tapi keburu bubar #gubrak.

Kembali ke topik awal soal cita-cita, selamat tinggal SMP kita sudah SMA yang dewasa. Semua pasti ngalamin perasaan dewasa pas SMA, padahal gak juga. Kita masih gamang, banyak galau kalau bahasa sekarang. Seperti biasa kelas satu gak mikirin cita-cita cuman enjoy the game. OIY… Ralat pas angkatan kita udah berubah jadi kelas sepuluh katanya, padahal sama ajah. Di semester 1 akhir mulai kepikiran juga gara-gara guru BP nanya ke semua anak dikelas. Gini “kamu bisa apa? Karena tiap orang punya peranan masing-masing nanti setelah ke masyarakat. kalau gak bisa apa-apa kamu bakal jadi parasit dimasyarakat!”. Lumayan menggetarkan juga yah… mulai otak berpikir ngumpulin skill dan referensi cita-cita lagi.
Kepikiran buat jadi desainer sama dokter jadi akhirnya pas kelas sebelas ambil IPA. Soalnya dari IPA lebih gampang ngambil ke jurusan pas kuliah. Otak yang dulu terasa cukup cerdas ternyata gak ngaruh kalo diintimidasi anak-anak asrama yang katanya orang pilihan itu (sepakat, karena kalo ada lomba pasti anak asrama yang dipilih, walau pun anak umum kayak kita ini banyak juga yang cerdas). Mungkin karena saya dominan menggunakan otak kanan dari pada otak kiri, semua yang diajarin dikelas hilang. Tau kan alasannya, IPA itu ngapalin rumus (itu yang salah sama pendidikan kita, eh… malah jadi nge’judge gak jelas) pokoknya kalo gak lupa yah kebalik pokoknya untung bisa lulus juga. Berbahan kenekatan dan do’a (ampe senen kamis puasa).

Beres SMA, saatnya menentukan pilihan cita-cita. Dokter! gak deng… Biologi jeblok masa mau jadi dokter? jadi desainer ajah biar cepet dapet duit. Eh malah salah jurusan + salah PT + salah sambung pokoknya salah. Untung dapet undangan dari UNIKOMsiKampusGueYangTercinta, akhirnya masuk Desain Komunikasi Visual alias DKV. Gak kayak yang dibayangin DKV itu cukup menyeramkan, gak cuman menggambar, semua ilmu ternyata ada disini! Sejarah, matematika, biologi dan PERANG PUN DIMULAI !!!!

Nah, itu perjalanan panjang saya selama kurang lebih 12 taun mencari cita-cita yang bener-bener saya pengen itu tujuan akhirnya sih pengen sukses dan gak jadi parasit yang kata guru BP saya bilang, Thanks full Ibu Aneng udah bikin Insprirasi buat hidup saya. Akhirnya sekarang jadi juga desainer, tapi belum kaya sih… mudah-mudahan postingan berikutnya nyeritain kesuksesannya (hahahahaha)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Related Post

1 komentar:

  1. Hhahaa... Gokil abis nih postingan :)))

    Tapi Abah sudah berani ngikutin kata hati, ya sekarang belum apa2, tapi InsyaAllah suatu hari jadi Apa2. #apasih. Hahha.

    Eh, anak asarama seharusnya bisa dikudeta ya? kan cuma segelintir. hahaha. Tapi kalau dipikir sekarang ada sebutan anak asrama dan anak umum itu kayak apa aja ya. #masalabil. hahha

    *izin nyampah diblog keluarga ini :P

    BalasHapus

Sumpah!
Kita seneng kalo ada yang komentar, apalagi kalo komentarnya bagus.
Ayo komentar jangan cuma jadi silent reader.
Terimakasih juga sudah berkunjung, ditunggu kunjungan selanjutnya.
(n_n)