Rabu, 16 April 2014

Salah Satu Ungkapan Cinta Abah, Baju

" malu a, pada ngeliatin..."
" gapapa,, kan sama suaminya.. sini,," kata suami sambil narik tangan saya. Terus kita keliling-keliling sambil pegangan tangan.
Nggak sedikit pengunjung mall yang ngeliatin kita. Reaksinya juga beda-beda. Dari yang cuma liat sekilas, terus jalan lagi. Yang dari jauh udah liatin, pas udah deket matanya langsung liat ke tangan saya dan suami. Seolah-olah meyakinkan kalo kita emang lagi gandengan tangan. Yang ekstrim ada dua wanita yang berjilbab rapih, salah satunya ngeliatin kita ( saya dan suami ) dari atas ke bawah, dilanjut dari bawah ke atas. Saya bilang ke suami
" masa yah kita harus pake name tag gede yang ada tulisannya 'udah nikah' biar pada tau kalo kita suami istri..."
" udah aja sekalian fotocopy buku nikah nya yang di tempelin...." jawab suami saya.
" udah, cuek aja, itu mah pada ngeliatin aa, ganteng banget soalnya.." tambah suami.  Hhmmm..... kumat deh narsis nya.
Walaupun kayaknya bukan pegangan tangannya yang jadi perhatian. Tapi kostum orang yang
pegangan tangan yang sedikit nyeleneh. Padahal saya yang dijuluki aktivis oleh teman-teman saya, berusaha berpakaian se-casual mungkin. Biar nggak dibilang 'mau ke kamana neng, mau ngaji???'
Saya pake rok jeans belel lebar. Atasannya saya pake kaos biru, kerudung instan dengan warna yang senada dengan baju dan rok saya. Sepatu pun saya pake sepatu tempel polos, tanpa hak sedikitpun.
Suami saya, atasannya pake kaos abu -abu. jaket jeans belel yang sedikit robek-robek di tangannya. Juga celana jeans yang nggak kalah warna belelnya, juga sedikit ada robekan yang ada di daerah betis. Sepatu pake sepatu basket yang biasa dipake.

Saya mungkin sedikit cupu di banding temen-temen saya yang lain. Tahun 2007, 2008 busana muslim belum sebanyak ini pilihan modelnya. Apalagi yang syar'i tapi modis. Banyak yang modis, tapi nggak syar'i. Waktu itu lagi jaman-jamannya kerudung pendek, baik yang instan atau segitiga yang di masukkan ke kerah leher. Atau atasan kaos panjang yang bawahnya celana jeans ketat. Saya yang berusaha syar'i, memilih terlihat berbeda dari teman-teman saya. Kostum yang saya pake setiap hari seperti rok, atasan yang panjangnya di atas lutut. Kerudung panjangnya sampe perut. Biar nggak tambah cupu, saya lebih sering pake rok jeans, atasan kaos, dan nggak terlalu gede banget. cukup longgar aja biar lekuk tubuh nggak ke ekspos. Saya nggak mau keliatan kayak pake baju yang ukurannya dua kali di atas tubuh saya. Saya juga suka pake warna-warna yang cerah Biar kesannya muslimah itu fresh, labih keliatan bersih dan nggak jorok. Kerudung saya akalin pake kerudung instan kaos yang sorada saya bikin sendiri. Jadi hiasannya bisa kita request. Biar nggak keliatan kayak ibu-ibu, koleksi kerudung saya waktu itu sebagian besar di hias pake sulaman sederhana yang cuma sedikit. Kerudung segitiga cuma buat moment tertentu aja. Kayak ngajar, ke undangan, halal bi hala keluarga, yah ke acar-acara resmi gitu. Tapi tetep aja, udah berusaha se-kasual mungkin juga, tetep keliatan 'anak mesjid'nya. Hihihii....

Suami saya beda lagi penampakannya. Kesehariannya lebih suka pake celana jeans belel yang udah dara robek-robek bawahnya. Jaket nggak jauh sama celananya. Seneng yang warnya keliatan belel gitu. Celana kaen resmi, cuma di pake buat jum'atan, ke undangan, sama pas wisuda. hehehe... Tapi dia juga menyesuaikan sama penampakan istrinya. Kalo kita lagi pergi bareng, mau kok saya pilihin celana yang robek-robeknya sedikit. Sama kayak saya, tetep aja nggak keliatan dia 'anak mesjid'. Walaupun saya dari dulu suka yang gitu. Ini jawaban do'a saya. Saya pernah berdo'a, kalo nanti punya suami, saya ingin punya suami yang sholeh ( ini mah keinginan semua orang) , tapi saya nggak mau yang keliatan ' anak mesjid' nya. Hehehehe... Dari dulu saya berpendapat, kalo baju laki-laki, sebenernya nggak terlalu ribet kan buat nutup auratnya. Cukup bake kaos, celana sontog pun jadi. Nggak seribet perempuan yang banyak syarat dan ketentuan berlakunya. Mulai dari nggak ketat, nggak tembus pandang, nggak menyerupai baju laki-laki. Dan seterusnya seterusnya. Saya pribadi nggak terlalu suka sama laki-laki yang keliatan banget 'anak mesjid' nya. Tapi ini selera loohhhh.... Pendapat saya pasti bertentangan dengan yang lainnya.

Karena kita beda tampilan gitu, kita jadi sering deh jadi pusat perhatian. Tapi jangan salah.... walaupun suami saya cuek sama bajunya, dia orang yang sangat selalu koreksi baju saya. kalo sebelum pergi kemana pun, saya mirip peragawati. Muter muter di depan suami saya. Kalo menurut suami saya kurang tertutup di beberapa tempat, dia suruh saya ganti. Bahkan saya dulu beli kerudung yang sering dijadiin sponsor di acara tv. Pas saya pake, komentar suami saya
"kenapa itu mah seksi neng, dadanya tetep keliatan (maksudnya tetep terlihat menonjol)kerudungnya panjang juga..jangan di pake itu mah,,"
terus yang satu lagi, kerudungnya panjang, sampe perut, tapi salah satu pinggrnya bi belah. Jadi salah satu pundak saya terlihat. Pahahal saya nyetelinnya sama baju yang sama sekali nggak ketat. komentar suami saya
" apa itu mah keliatan bahu nya... bahu perempuan itu seksi sayang.....jangan keliatan atuh, kan aa doang yang boleh liat,,"
Saya juga seneng beli leging, buat di pake di dalem rok. Kan enak yah, kita jadi nggak belibet kalo jalan. Kejadian ini malah sebelum kita nikah. Waktu itu calon mamah mertua ngajak saya buat bikin baju pengantin. Saya di jemput calon suami pake motor. Berangkatnya lancar-lancar aja. Belum komentar apa-apa. Pas pulangnya, waktu saya lagi naek ( saya duduk menyamping ) Dia liatin saya, langsung bilang gini
" pake apa itu? kenapa pake yang gitu???" sambil manyun.
" kan biar nggak ribet, kalo leging kan nempel ke kulit, jadi nyaman..." jawab saya sambil bingung.
" kan leging mah ketat neng, sama aja nggak pake apa-apa di dalem rok nya. Kaki nya jadi keliatan atuh sama orang laen.. nanti mah jangan di pake lagi yah, aa jealous kalo neng di liat orang.."
Saya hanya mengiyakan sambil masih kaget. Segitunya dia ngejagain saya.
Di perjalanan pulang, dia bercerita. Kalau nanti kami telah menikah, saya sudah punya anak, saya harus tetep kayak gini. istiqomah pake baju kayak gini ( yang syar'i ). Dia nggak mau saya seperti muslimah muslimah yang ada di sekelilingnya. Kakak perempuannya, sebelum menikah rapih berjilbab. Celana sama sekali nggak pernah dia pake. Tapi setelah menikah, apalagi setelah punya anak, sedikit sedikit berubah. Hingga akhirnya pake kerudung hanya jika pergi dari rumah. Itupun menurutnya nggak syar'i. Bahkan kalo masih di pekarangan rumah, tanpa kerudung menutupi rambutnya. Dia bilang ke saya, kenapa yah kalo udah nikah, seolah-olah jadi nggak berharga lagi. seolah-olah boleh di liat siapa aja. Padalah justru kalo udah nikah, harus lebih di jaga. Neng mah nanti jangan kayak gitu yah? Harus tetep teguh pendirian. Leging juga jangaj di pake lagi kalo kita mau pergi pake motor. Kalo pake mobil, boleh...jadi bentuk kakinya nggak keliatan orang lain.
Saya bersyukur, punya suami yang sangat menjaga istrinya dari pandangan laki-laki lain yang bukan muhrimnya. inilah cara dia menyayangi dan mencintai saya. Sampai saat ini pun, semua baju saya harus lulus seleksi dari suami saya. . Meskipun dia bukan ' anak mesjid' tapi dia sangat istiqomah dan selalu mengingatkan saya saat saya tanpa sadar memaki baju yang menurutnya kurang baik. Orang yang selalu mempraktekan ilmu agamanya setiap hari dengan istiqomah, walaupun hanya sedikit, lebih baik menurut saya daripada yang hafal ribuan hadist,tapi tanpa praktek. Suami saya bukan penghafal hadist. Bukan orang yang suka menceramahi orang lain. Bukan yang selalu membahas perbedaan antara mahzab yang satu dan lainnya. tapi suami saya, orang selalu mengingatkan saya saat saya salah. Istiqomah menjaga hijab dari perempuan yang bukan muhrimnya. Yang mengamalkan hadist tanpa hafal bunyi hadistnya. Tanpa pernah sok tau dalam bertindak. Tanpa gengsi jika tidak tau hadist. Selalu bertanya jika tidak tau. Tidak pernah malu untuk belajar menghafalkan do'a bersama saya. Tidak malu meski diajari istrinya. Bahkan saya yang malu, saya merasa sangat sedikit mengamalkan ilmu yang saya punya. Saya hanya menghafal tanpa mempraktekannya. Membaca hanya sebuah rutinitas. Tanpa menghayati pesannya. suami yang selalu membuat saya istiqomah.

Suami saya memang bukan anak mesjid, bukan aktivis rohis, bukan lulusan pesantren, bukan penghafal hadist, bukan seseorang yang hafidz. Dia hanya seorang laki-laki yang selalu berusaha untuk menjadi hamba Allah yang taat. Yang selalu mempraktekan apa yang telah ia ketahui. Tanpa menghakimi orang lain, tanpa merasa benar sendiri. Tanpa ingin dipandang dengan label 'orang sholeh'. Itu yang selalu menbuat saya makin menyayanginya. Selalu menjadi alarm untuk istrinya. Menjaga kehormatan istrinya. yang kelak pasti juga akan senantiasa menjaga anak-anaknya.

Love you abah, ambu sayang banget sama abah. # kiss kiss.... #

------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Related Post

2 komentar:

  1. Wah abah ternyata Preman berhati Ustadz :D

    salut nih sama keistiqamahan Abah, jadi inspirasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an yah om... jadi lebih baik.
      Jadi malu sendiri baca artikel ini. Abah sama Ambu lagi sibuk mengejar dunia. Komen om bisa jadi semangat buat kita.
      Terimakasih om ^_^

      Hapus

Sumpah!
Kita seneng kalo ada yang komentar, apalagi kalo komentarnya bagus.
Ayo komentar jangan cuma jadi silent reader.
Terimakasih juga sudah berkunjung, ditunggu kunjungan selanjutnya.
(n_n)