Rabu, 29 Januari 2014

Tulisan tentang Ambu dan K-Pop


 

Ambu pas basa postingan abah yang tentang semua yang bikin kita nggak cocok itu, ambu ketawa sampe sakit perut. Apalagi pas yang tentang film. Abah nggak suka film sedih soalnya kalo nangis bisa parah banget. Pertama kali liat abah nangis pas nonton itu ambu inget banget. Waktu itu masih termasuk pengenten baru, baru 3bulan nikah. Kita mau pacaran mumpung libur. Yah, kaya anak ABG yang pacaran kita nonton. Udah diniatin dari rumah kalo kita mau nonton laskar pelangi. Masuk aja yah kita, nonton sambil ngemil popcorn. Lancar-lancar aja, serius semuanya. Pemandangan yang menarik itu pun datang. Pas adegan yang si lintang pamit nggak akan sekolah lagi, terus pergi dari sekolah. Yang di kejar sama ikal, sambil ikal tereak" lintaaaaaaaaanggggg........." se isi bioskop nangis kan yah, ambu juga nangis, terharu. Tapi baru nagis sebentar kok ini ada suara orang yang nangisnya kenceng banget. Pas ambu liat ke kanan ambu, abah yang rock and roll itu nangis kayak anak kecil, sampe tersedu-sedu. Sampe bahunya ikut goyang-goyang. Aer matanya di lap sendiri pake jaket jins yang bolong-bolong kebanggaannya itu. Semua tampang"sangar" nya ilang. Ambu yang tadinya sedih, jadi nggak kuat pengen ketawa liat abah nangis separah itu. Nangisnya sampe ada suara" nghu....hu....hu.....hu....hu......" mirip banget pokoknya kayak nangis anak kecil. Asli itu ambu pertama liat abah nangis seheboh itu. Lebih heboh dari acara sungkeman pas kita nikah. Pengen tau postingan abah kayak gimana?? baca disini.



Ambu mau ralat pernyataan abah yah.  Yang kata abah ambu kudet berat. Ini termasuk pencemarn nama baik ini kalo kayak gini. Aduh baaaaah, sekarang kan ambu udah nggak kudet, jangan dibilang -bilang dong....hiks hiks. Mungkin karena dulu lingkungannya terbatas cuma di sekolah, majlis ta'lim, pembinaan, yang kesemuanya secara nggak langsung selalu berhubungan sama nasyid. Ambu juga lagi semangat-semangatnya jadi"aktivis" waktu itu. Otomatis lagu-lagu nasyid jadi favorit. Kalo sekarang, ambu lebih seneng sama banyak jenis musik.

Sebenernya dulu juga nggak maniak-maniak banget sama nasyid sih. Cuma kebeneran aja, pas deket sama abah ambu lagi seneng banget nanyid. Ambu kan"insyaf" kelas 3 SMA, kalo sebelum-sebelum itu, yah kayak anak remaja yang lainnya. Semua lagu di dengerin, dulu lagi musim-musimnya kirim-kirim lagu. Nelfon ke radio, minta lagu bla bla... buat seseorang bla bla bla..... Hahahahaa.... dasar yah masa-masa remaja alay. Dan Radio favorit anak SMANCIS asalah AR FM. Hayooooh..... anak anak angkatan 2004 ke bawah, masih pada inget nggak????
Karena suami ambu tersayang yang tidak lain dan tidak bukan adalah abah jugil itu rock and roll banget. Terpengaruhlah istrinya yang menurut abah amat sangat lugu ini, menjadi tidak terlalu kudet. Wkwkwkwk...... Diracunilah ambu sedikit demi sedikit sama lagu-lagu kesukaannya. Kita jadi saling "meracuni", abah ngeracunin ambu pake lagu-lagu yang tambah sini kok kedengerannya tambah enak aja yahhhh...( ngeracuninnya berhasil). Ambu "ngeracunin" abah biar ngapalin do'a, ato kadang kita ngapalin salah satu surat di al-qur'an. Sebenernya bahasa ngeracunin ini seru-seruan aja. Tapi intinya kita saling mempengaruhi satu sama lain. Yang rock and roll jadi setengah ustadz, ini perempuan yang katanya lugu jadi rada-rada aneh. Tapi kalo musik yang rock-rock gitu sampe sekarang  juga ambu masih nggak enak dengernya. Dan nggak ngerti, itu musik dinikmatinnya gimana. Perasaan kok malah mumet kalo dengernya. Hehe...mungkin gimana selera yah? :)

Dari lagulagu pop dalem negeri, lagu lagu barat, yang sering dapet rekomendasi dari abah. Tapi yah, abah kan seneng musik-musik yang tereak2, kalo ngerekomendasiin musik buat ambu pas banget. Jadi walaupun abah yang milihin lagu, tapi semuanya cocok buat telinga ambu. Waktu itu (2008)kan masih episode taun taun tanpa fasilitas modem di rumah, jadi kalo abah ke warnet, abah nyariin lagu buat ambu. Semua lagu yang abah kasih buat ambu semuanya suka. Diem diem teryata abah romantis looooh..... , walaupun kayaknya abahnya sendiri nggak sadar. Soalnya tiap ada lagu yang enak, abah bilang gini
" bu, ini lagu so sweet hayoh....." ato nggak
" bu, ambu mah pasti suka, dengerin geura liriknya...."
Jadi kalo di kasih lagu sama abah, hampir semua lagu-lagu romantis, lagu-lagu yang pas buat di jadiin backsound buat video wedding...hehehe.... jeals aja langsung cocok buat ambu yang orangnya rada dramatisir gini.
Ambu dulu pernah nanya ke abah
" bah, abah teh kan orangnya nggak romantis, tapi kenapa seneng lagu lagu yang gombal..."
" gini bu..., nggak tau kenapa kalo pake bahasa inggris nyampeinnya, kesannya malah so sweet, nggak gombal, tapi kalo di ke bahasa indonesia-in, pasti jadi geuleuh(jijik), soalnya jadi gombal banget.."
Pernyataan abah ini emang abah banget, pernah ambu iseng nanya lagi ke abah.. Dan kayaknya abah emang nggak nyadar kalo abah romantis.
" bah, kalo ambu, apa artinya di kehidupan abah?" iseng nanya buat mancing biar romantis...hehe
" artinya ambu? ya ambu mah ambu aja... emangnya apa?" kata abah, ekspresinya datar banget.
" iiiihhh.... abah nganggap ambu apa,  orang yang masak sama nyuci baju abah, temen tidur, temen ngobrol, temen hidup, temen curhat, ato gimanaaa......." ambu masih keukeuh nggak mau nyerah.
" semuanya...." kata abah, masih datar ekspresinya nih.
" iiihhh..... atuh yang bener jawabnya..." ambu gemes banget sama abah.
" yeeeh.... bahasa inggris-in geura...." sekarang abah jawab sambil senyum.
" semuanya.... everything??" kata ambu sambil loading. Masih nggak ngerti maksud abah.
" iya, you're my everything.... kalo pake bahasa inggris mah jadi romantis yah?" jawab abah, akhirnya lumayan, keluar romantisnya. Hihihi.... seneng.
" hehehe.... iya," ambu seneng gara-gara berhasil mancing abah.
Sejak saat itu, ambu ambil kesimpulan kalo abah bukan orang yang nggak romantis. Tapi, abah gengsi kalo keliatan jadi kayak yang lagi gombal. Makanya disalurkanlah keromantisannya itu lewat lagu. Jadi cari lagu yang romantis, terus nanti dinasukin ke hp ambu. Biar nggak gombal, tapi so sweet. Hehehe... ambu berspekulasi aja sih, ngambil kesimpulan sendiri. Hehehe... aneh nggak sih kita??

Tapi ini salah satu yang bikin kita tambah"nggak cocok". Ambu orangnya melankolis, drama banget, Abah cuek, nggak suka sama yang namanya romantis2 gombal gitu. Tambah banyak kan yang bikin kita nggak cocok. Hahahaha.... Tapi intinya abah berhasil bikin ambu suka lagu lain selain nasyid.

Malah sekarang ambu ikut kena korean wave. Alias demam korea. Awalnya dari drama-drama yag selalu berhasil bikin ambu nangis tiap endingnya. Seneng sama dramanya, ambu nyari soundtrack nya. nambah deh jadi seneng lagu backsound drama. Sampe pas suatu hari( berasa lagi dongeng, #gubrak), nggak sengaja liat MusikBank. Sejenis Dahsy*t kalo di indonesia. Iseng di tonton sebentar. Kesannya waktu itu" ah, boy band korea sama aja kayak boy band disini. Sama sama lipsing, soalnya suaranya lembut banget kaya rekaman. Tapi ternyata, ada accident, salah satu mik dari personelnya mati. jadi beberapa part lagunya nggak ada suaranya. Disitu ambu bengong, sambil mikir, hebat banget itu orang nyanyi sambil jingkrak jingrak tapi suaranya nggak fales. Dan ditonton lah itu boy band sampe beres nyanyi. Waktu itu nggak merhatiin nama boy band nya. Tapi bukan suju, soalnya cuma sedikit personilnya. Kalo suju kan selusin...hehe

Mulailah ambu kepo pengen tau artis artis korea yang laennya kayak gimana. Ambu jadi inget, adik ambu ada yang maniak banget sama girl band korea. Tapi ambu lupa namanya grup faforitnya siapa, mau nanya ke adik ambu, tapi masih gengsi. Tapi kalo nggak salah ada girls-gilrs gitu. Ambu coba cari sendiri di youtube, pas ketik " girls... ada suggestionnya "generation the boys" ya udah di klik. Pas di klik, waaaw...... cantik banget, padahal make up nya nggak lebay kayak artis indonesia,lagu nya juga enak, suaranya bagus, ambu donwload deh. Penasaran nyari lagi 1 lagu boy bands nya. Kalo suju ambu tau, soalnya pernah nggak sengaja liat di infotaiment. Nyari lah suju(karena nggak tau nama by band laennya), dan urutan paling atasnya itu lagu mr.simple. Di donwload lagi si suju itu. Jadi ambu punya dua MV korea. MV korea pertama ambu. Tapi bener yah, langsung kayak dihpnotis. Itu lagu, apalagi yang the boys nya SNSD, terngiang ngiang terusss.....Udah nggak gengsi deh kepo ke adik yang udah lama jadi SONE( fans SNSD). Ambu kepo deh minta semua lagu sama MV nya SNSD. Pas ambu baru kena demam korea itu pas di taun 2011 akhir, yang ternyata pas SNSD baru rilis the boys. Sejak saat itu,makin banyak koleksi lagunya, apalagi video dari youtube pas live-nya bikin tambah terngiang-ngiang lagunya. kadang badan gerak-gerak refleks pengen joget. Hahahaha.....(walaupun ngikutinnya susah banget).

Bertransformasilah ambu, dari pecinta nasyid, sekarang jadi salah satu SONE dari puluhan ribu SONE yang bertebaran (?) di dunia ini. Lagu nya enerjik, bikin pengen gerak terus. Apalagi lagu I Got A Boy sama Hoot. Disalurkanlah pengen gerak dan joget-jogetnya jadi olahraga. Ambu tiap hari olahraga(kalo nggak males) pake lagu lagu k-pop. Walaupun didominasi sama SNSD, tapi ada juga lagu dari miss A, wonder girls, suju, sama iu. Dan olahraga sambil geje-geje-an ngikutin gerakan tariannya itu seru banget loh. Apalagi bisa sekalian ngasuh Haura, soalnya Haura jadi ikutan nari-nari geje sama ambu. Lumayan loh, itu keringetannya bisa banyak banget. Dan hati bahagia, bebas mengekspresikan diri. Pasti kalo yang nggak tau nggak akan nyangka kalo ambu itu k-pop lovers. Kan nggak nyambung banget sama"chasing". Ambu yang sama abah di bilang "ukhti-ukhti", tapi lebih dari setengah lagu di memory Hp nya lagu SNSD. # jadi jangan nilai orang dari casingnya yah...#

Nggak maniak loh yah nge-fans nya. Walaupun seneng banget SNSD, tapi masih suka kok sama lagu dari 2NE1. Walaupun suka suju, suka juga kok dengerin lagunya big bang. Ambu mah semuanya suka asal lagunya enak di denger dan nggak bikin sakit telinga( terek-tereak). Dari 2pm, 2am, miss A, t-ara, f(x), mblaq, shiine, banyak pokoknya yang ambu suka. Tapi kalo yang MV nya menjurus menjurus terlalu sensual ato rada-seksinya berlebihan, ambu nggak suka juga sih. Makanya yang paling ambu suka itu SNSD, mereka itu seksi, enak diliat, tapi kesannya nggak sensual, nggak keliatan murahan. Kesan yang di dapetnya malah cuteee.... banget. Anggun, juga elegan.
Tapi emang lagu k-pop itu enak banget di dengernya. Selain enerjik buat lagu yang nge-beat, lagu yang melow nya juga asli bikin yang dengernya jadi galau. Sama kayak kalo dengerin nasyid. Lagunya entah kenapa walaupun nggak ngerti tentang apa, liriknya ngomongin apa, (kalo nggak nyari artinya), tapi kerasa banget yang nyanyi lagi galau. Kebayang gitu penyanyinya nyanyi sambil nangis ato nahan nangis. Saakkiiiiittt...... pokoknya kena banget di hati. Apalagi kalo udah nyari tau artinya, tambah sakit hati dengernya. Warning deh yang lagi galau jangan dengerin lagu korea yang genrenya(?) galau. Dijamin malah tambah galau. Kalo yang lagi galau, ambil wudhu, terus mending sholat aja. Biar hatinya jadi tenang. hehehe....

Iya, musik emang salah satu media kita buat meng-ekspresikan sesuatu. Dan bisa banget bikin mood kita berubah. Kerasa banget loh,kalo ambu lagi agak bad mood, terus dengerin lagu snsd yang centil centil kayak say yes, my j, dancing queen, echo sama twikle, itu udahnya berasa pengen senyum senyum, dan bad mood pun ilang.

Tapi yah, terlepas dari kontofersi dari orang-orang sekeliling ambu( oalah... berasa vicki prasetyo). Yang mengaitkan"jilbab" ambu sama hobi ambu yang dengerin musik K-pop. Yang entah kenapa sebagian orang ngehubungin hobi baru ambu ini sama"jilbab". Menurut mereka, nggak pantes orang yang kerudungnya panjang. pake baju rapih, tapi malah nge-fans banget sama SNSD. Kalo menurut ambu, ya kita pinter aja nyikapinnya. Toh ambu walapun seneng banget lagu snsd, tapi masih suka tadarus, masih suka ikut acara pengajian walaupun nggak serutin sebelum nikah(ini karena status baru, bukan gara-gara k-pop.). Masih nutup aurat dengan baik, nggak ngikutin cara berpakaian kayak snsd. Joget-jogetnya pun nggak di epan orang lain, tapi di rumah, jadi aman. Ambu inget kata Ummi beberapa taun lalu. " gini, kalo yang keluar dari pantat ayam itu telor, yah ambil aja. Tapi kalo yang keluar kotorannya, yah buang, jangan di ambil".

Jadi k-pop emang ambu nikmati karena emang musiknya enak di denger. Tariannya juga cocok buat di jadiin alternatif olahraga biar nggak bosen. Itu bisa buat ngelepasin stress, ibu rumah tangga yang tiap hari di rumah pasti punya rasa stress. walaupun mungkin banyak yang nggak nyadar. Lako kita jauh dari stress, kita lebih bahagia ngejalanin hidup.Jadi cuma musiknya aja yang ambu suka dan ikutin, tapi cara hidupnya yang jauh dari aturan agama kita, jela nggak mungkin ambu ikutin.
Intinya, tingkat nge-fans ambu ke snsd, masih kalah jauuuuuuuhhhhhh....... banget besarnya sama tingkat iman ambu. Jadi nggak ada hubungannya, kalo ada yang mengkorelasikan"jilbab" sama kesukaan tentang musik. Kecuali, lagu-lagu yang liriknya emang yang mencela agama. Ato aliran-aliran musik yang liriknya penuh sama anarkis, penghinaan ke orang lain, frontal, yah yang sejenis nggak sopan kayak gitu, jelas ambu juga nggak suka.

Aduuhh..... ini kok jadi ambu yang curahat yah? maaf... kalo curhat emang suka jadi kebablasan sih...hehehe....Sampe ketemu lagi di tulisan tulisan ambu yang akan tambah geje dari waktu waktu. Dan abaaahhh..... ambu yang sekarang, bukan ambu yang kudet lagi. Hehehe, kadang abah yang kudet. :D

------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sumpah!
Kita seneng kalo ada yang komentar, apalagi kalo komentarnya bagus.
Ayo komentar jangan cuma jadi silent reader.
Terimakasih juga sudah berkunjung, ditunggu kunjungan selanjutnya.
(n_n)