Senin, 31 Maret 2014

Tulisan Tentang Sectio Caesaria


Nggak pernah ada niat sama sekali buat ngelahirin dengan cara itu. Terlintas pun nggak. Walaupun di awal trimester pertama ada sedikit masalah dengan kandungannya, tapi bener bener nggak kebayang tentang si "sectio caesar".


Mungkin ekspresi saya dan suami bisa dibilang sedikit unik, jika di bandingkan pasangan yang lain saat mengetahui bahwa mereka akan menjadi orang tua. Yang sebenernya ekspresi kami lebih mirip pasangan yang hamil di luar nikah. Hehehe...Padahal nikahnya udah 5 bulan. Kami dengan kompak melihat, memandang, dan mengamati perubahan yang terjadi di test pack yang saya pegang sambil bilang
"Waaah... ini mah jadi 2, bener kan? tuh liat dari bawahnya juga kayak mau bikin garis 1 lagi..."
Saya dan suami beneran bilang kayak gitu dengan kompak.Dan ternyata setelah itu,
" tuuuuh... kan bener jadi dua,, "
Saya sedikit kecewa karena merasa terlalu muda buat punya anak. Tapi suami dengan bijak bilang
 " nggak apa-apa atuh, harus alhamdulillah...kuliah neng mah cuti dulu aja,,tapi iyah gitu ini beneran?"
" gimana atuuuhhhh...."saya masih syok nerima keadaan kalo saya hamil. Perasaan udah bener deh ngitung KB kalendernya. Kok malah hamil siiih...

Tapi seneng juga siiih, saya merasa menjadi wanita yang seutuhnya.
" ya nggak gimana gimana, nanti kita periksa yah, biar yakin. udah atuh jangan gitu mukanya..."suami saya menyemangati, kayaknya dia nyadar kalo saya udah hampir nangis waktu itu.

Iya, kehamilan saya sebenarnya di luar rencana. Saya dan suami sepakat menunda kehamilan agar sama sama selesai dulu pendidikannya. Saat itu saya dan suami baru menginjak semester 4. Tapi nggak lama kok saya kecewanya. Saya langsung inget, kalo banyak yang udah ngelakuin segala cara buat bisa hamil. Bahan banyak biaya yang mereka keluarkan tapi tetep belum berhasil. Akhirnya saya menerima kehamilan saya. Suami saya jangan ditanya gimana kelakuannya. Tepat setelah kami memastikan kehamilan kami. Memastikan ada kantung kehamilan disana. Janinnya belum bisa terlihat, karena usia kandungannya baru 3 minggu. Dia langsung kasih kabar ke sodara dan temen-temennya. Dia bahagia banget ternyata. Katanya
" Weeiisss....bentar lagi jadi bapak, rasanya jadi laki laki sempurna, "
Tantu saja itu jadi dukungan yang besar buat saya. Di saat saya sedikit 'setengah hati' , campur campur antara nggak mau rencana-rencananya berubah. Terus lagi nggak kebayang gimana caranya nanti ngurus bayi kalo masih kuliah. Sedikit menyesal kenapa pake KB kalender, kenapa nggak yang lebih menjanjikan aja. Tapi di sisi lain seneng juga, bisa jadi wanita seutuhnya. Dan kayaknya sedikit stress ini yang jadi alesan saya mengalami pendarahan di minggu ke-5.

Kegiatan minggu itu emang capek banget. Anak-anak ada kunjungan ke studio RRI Bandung. Saya juga guru TK, selain kuliah, kesibukan saya juga mengajar. Kunjungan ke RRI dilaksanakan pada hari senin. para ibu guru TK yang pernah kunjungan ke RRI tau kan yah tangga nya sebanyak apa. hampir semua ruangannya kami kunjungi. Tapi alkhirnya kunjungan berakhir lancar. Sampai saat kita baru aja mau pulang. saya berinisisatif membagikan kantong keresek pada tiap anak. Saya bilang
" nanti, kalo pusing, terus mau muntah, langsung muntah disini yah...."
Karena anak anak biasanya muntah saat perjalanan pulang. Saat berangkat meeka masih semangat. Kebayang kan, ibu hamil yang lagi mabok di awal kehamilan, kalo harus ngurusin anak anak yang mabok juga. Nggak di pancing aja udah pengen muntah, aplagi ngeliat. jadi saya meminimalisir pancingan pancingan yang bisa bikin saya mabok. Nggak semuanya mabok loh yah padahal. Cuma beberapa anak aja.

Tapi tidak berhasil sodara-sodara.....hiks hiks, seorang anak dengan polosnya bilang
" bu tia, ini udah muntahnya  ...." sambil diliatin dong kereseknya.
Hiks hiks.... akhirnya saya ikutan mabok juga. Sepanjang perjalan pulang saya dipijitin sama ibu kepsek. Sambil dipakein kayu putih. Dipijit lagi, mabok lagi, dipijitin lagi, mabok lagi. terus kayak gitu, sampe perhatian anak anak bukan ke temennya yang mabok, tapi malah jadi ngeliatin saya. Ya  Alllaaaahhhh..... itu perjalanan dari bandung ke cimahi serasa jauuuuuhhhh..... banget. Ditambah macet pula. Daripada tumbang, akhirnya saya pamit ke ibu kepsek mau turun aja. Ini perutnya udah sakit banget, pengen muntah tapi gak ada yang di muntahinnya. Saya milih naek ojek deh, lumayan agak seger, ketiup-tiup angin kali yah..jadi berasa lebih enak. Maafkan yah anak-anak, bu Tia pulang duluan. Hehehe..

Masih di minggu yang sama, hari jum'at itu anak anak mau outbond. Siap-siap sebelum berangkat dari rumah. Ngecek takut ada yang ketinggalan. Tas udah siap.Sambil nungguin suami yang masih siap-siap, saya beresin kasur. Tarik selimut........dan,
"astagfirulllahh....... A, ini ada darah!!!!" histeris saya.
Suami saya masih bengong, kaget banget kayaknya. Saya langsung ke ke belakang periksa cd. Dan pemandangannya sama ternyata, ada bercak-bercak juga. Terus saya cek cd sama celana tidur yang tadi malem saya pake, pemandangannya masih sama. Saya nyimpulin dalam hati, berarti udah dari malem nih mulai keluarnya. Suami langsung ngajak ke bidan yang paling deket dari rumah. Kata bidannya saya kecapean, disuruh istirahat dulu. Tapi katanya batas pendarahannya masih aman. Alhamdulillah.......... meskipun awalnya gak terlalu antusias, tapi akhirnya malah sayang banget nih sama makhluk yang ada di perut. Sayapun absen ngajar hari itu.

Diem seharian di rumah ternyata nggak enak yah, bosen banget. Apalagi nggak ditemenin suami, karena suami kan harus kuliah. Gak mungkin ikutan istirahat dong yah.. Tiga hari istirahat, hari ini mulai ngajar lagi. Udah bilang ke dede bayi di perut, "dede, ikut sekolah yah sayang, nanti kita nyanyi-nyanyi yah...harus kuat ya nak.."
Mungkin dede di perut emang pengen saya istirahat total. Siangnya saya pendarahan lagi. jumlahnya juga lebih banyak dari yang pertama. Sorenya pulang kuliah, kami ke dokter kandungan. Harap harap cemas tak terhingga looohh nunggu di panggilnya itu. Di dalem hati
" aduh, masih ada nggak yah dede, masih ada kan yah? dede kuat kan ya...maaf dulu ambu sedikit kecewa sama dede, tapi sekarang udah ngak kok sayang. Kuat yah, Kuat yah,"
Urutan ke empat udah, bentar lagi sayang.
" Ibu Mutiara" panggil suster.
Saya di temani suami masuk. Mamah dan Ummi tunggu di luar yahh.. hehe. Ini sama sama cucu pertama buat mereka. Jadi mereka heboh denger saya pendarahan. Keduanya langsung nyusul ke klinik.
Dokter muter muter alat usg nya. Dahi nya mengkerut sebentar, kayak lagi mikir. Terus senyum sambil bilang
" sehat bu, dede nya nggak apa-apa... cuman emang ibu kandungannya lemah. Harus bedrest ya bu, jangan capek, jangan terlalu sering naek motor, jangan stress juga, naek turun tangga juga jangan dulu yah..minimal trimester pertama ini..."
Haaaahhh..... bedrest? ? Waaaaah.... ini bukan hamil aja yang bikin syok. Bedrest berarti harus istirahat di tempat tidur. Nggak boleh ngapa-ngapain. Ini kuliah gimana nasibnya.... tapi sekarang yang penting dede sehat dulu.
Sayapun mulai mundur dari semua kesibukan. Ngisi raport anak-anak jadi kerjaan terakhir saya. Untungnya waktu itu di akhir semester, jadi pergantian wali kelas nggak terlalu ribet. Temen temen juga kepsek juga sangat mendukung. saya ke sekolah di hari pembagian raport. Sambil pamit ke orang tua murid dan minta maaf karena saya nggak bisa mendampingi anak-anak sampai lulus. Saya nggak nyangka akan jadi sememngharukan itu. Waktu saya pamit, mata saya terasa berair. Waaahhh... bu tia bakal kangen kalian anak- anak.

Di rumah juga nggak kalah heboh. Saya yang masih tinggal bersama mertua, dan menempati kamar di lantai atas, harus bertukar tempat dengan adik ipar. Sampai kehamilan saya dinyatakan kuat, baru saya boleh pindah. Itu kata mamah mertua saya. Semua orang di rumah jadi sibuk gara-gara saya. Hehehe...maaf yah, dan saya cuma disuruh duduk, biar nggak cape katanya. Tapi ngeliat mamah ngeberesin baju saya, kok keliatannya gak enak yahh.. Mamah ngeberesin baju saya, saya diem selonjoran di kasur. Saya bantu-bantu deh yang sekiranya gak cape. Mamah langsung marah sama saya
"Teteh.....engke weh ku mamah, bisi kunanaon deui, tos weh teteh mah cicing!!!"( teteh... udah aja sama mamah, takut kenapa-napa lagi, udah aja biarin sama mamah ). Dengan nada yang cukup tinggi.
Deg!!! Itu pertama kalinya saya liat mamah mertua saya marah. bukan cuna saya, adik ipar saya juga kaget mamah marah ke saya. Itu jelas terlihat karena dia langsung bengong. Tapi saya ngerti kok, itu karena mamah khawatir sama saya dan cucu nya. 

Minggu ke 8, berarti udah 3 minggu kegiatan saya cuma kamar, ruang tengah ngobrol sama mamah, di depan komputer nemenin suami ngerjain tugas, makan, muntah lagi, maka, muntah lagi. Kayak giatu tiap hari. Mamah kasian kali yah liat menantu nya tiap hari kayak ayam yang lagi bertelor. Duduk, tidur lagi. duduk tidur lagi. Mamah inisiatif ngajak ikut jalan-jalan ke salah satu wisata alam si lembang. saya pikir, udah nggak pendarahan kok, terus gak akan ngapai-ngapain, paling makan doang, bosen kan di rumah terus. Saya ikut, dan seneng banget dong pastinya, terbebas dari kasur. hahahaha... :)
Kalo lagi bahagia, waktu emang cepet banget yah jalannya. Nyampe rumah sekitar jam setengah 4. Saya rebahan dulu sebentar, apalagi suami baru pulang. Kan kangen, hiihii..ini ibu hamil manja. Kita selonjoran sambil nonton, lagi nonton tiba-tiba. seerr...seer... waduh, apa ini, kok berasa lagi mens???
saya langsung berdiri.
 "Ya Alllaaaahhh..... masa harus pendarahan lagi..udah rido kok hamilnya,," saya sedih liat darah yang udah keluar jauh lebih banyak dari yang sebelum-sebelumnya. Suami langsung heboh, kita siap siap ke klinik lagi. Sepanjang perjalanan mamah terus nanya
"mules nggak teh.?"
"nggak... gak kerasa sakit, cuma kayak lagi mens banyak aja.."
Emang nggak sakit kok, cuma berasa terus aja ada yang keluar. Persis kayak lagi banyak banyaknya mens.
Sesampainya di klinik alhamdulillah lagsung di periksa. Gak lama lama nunggu. Deg deg deg... gimana yahh...Dede masih kuat nggak yah...
"Waahh.... ini dede nya hebat bu, nggak apa kok, tuh udah keliatan kan, gang garis titik titik itu nani jadi tulang belakangnya. Nanti saya kasih obat penguat, mudah-mudahan berenti yah pendarahannya. Tapi, kalau nanti mules, ato pendarahannya gak berkurang, cepet kesini yah, nanti dirawat disini.. "
" Iyaah..." kompak saya sama suami.

Hari berganti hari. Pendarahannya alhamdulillahhh...berhenti di hari ke-6 . Minggu berganti minggu. Bulan berganti bulan. Nggak kerasa sekarang usia dede nya udah 29 minggu. Nggak ada keluhan yang berlebihan. Yang umum-umum aja ibu hamil rasain. Kayak mual muntah itu tiap hari. Malah sampe minggu ke-22 berat badan malah turun, soalnya muntah terus. Pusing, lemes(efek nggak makan), sakit punggung, yah gitu-gitu deh..
tapi hari itu, habis solat subuh kok mules banget yah.. Melilit, tulang ekor rasanya mau copot, perut bawah sakiittt.... banget. Waduuuhh...gimana nih kalo ngajak keluar sekarang. Nggak pake lama langsung ke bidan. Takut beneran pengen keluar nih dede. Ternyata bukan pemirsa, kata ibu bidan itu mules palsu. Belakangan saya tau itu braxton hicks. Alhamdulillah..aman...
Pesen bidannya waktu itu" kalo mules mau ngelahirin itu, mulesnya dari ujung kepala sampe ujung kaki mules semua, pokoknya pengen nyakar nyakar..."
Waduuh... nggak kebayang rasanya mules kepala kayak gimana. Yah kita liat aja nanti.

Periksa gak kelewat tiap bulannya. Di bidan, dokter kandungan, dua dua nya periksa. Malah sampe di dua bidan. Satu deket rumah mertua, yang satunya lagi deker rumah ummi. Jaga-jaga siapa tau lahiran di rumah ummi. Tapi vitaminnya cuma di makan yang dari dokter, yang dari bidan saya nggak makan 2-2 nya. Takut overdosis laah.. kalo dimakan semua.

Dari mulai masuk minggu ke 29, posisi dede udah keliatan sungsang, tapi kata dokter gak apa2, sering sujud aja, sama dikasih PR nungging 10 menit 3-5 kali sehari. Biar dede muter katanya. Saran bidan di suruh ngepel sambil jongkok. Sama, biar muter katanya. Semua di ikutin, pagi2 ngepel jaongkok, siang, sore, malem, nungging di kasur. wah pokoknya bales dendam karena bulan-bulan sebelumnya nggak boleh ngapa-ngapain.

8 agustus 2009

Lagi-lagi, setelah minggu berganti minggu..tetep dede betah banget diam di atas. Posisinya masih sungsang. Juga ada lilitan di leher. Dokter udah wanti-wanti, kalo nggak ke bawah aja pilihannya Caesar. Haduhh.... apalagi ini ya Allahh... nggak mau di belek-belek dong perutnya.
Usaha tambah giat aja nih. Nungging jadi hobi. Yaaah...tapi usaha tetep usaha, periksa di minggu ke-37 masih sungsang, lilitannya malah nambah jadi 2. akhirnya dokter bilang
" harus operasi yah bu, ini resiko nya gede banget buat bayi. nati bisa mentok kepalanya nggak bisa keluar..
Niih..saya tanggal 17 ini kosong, siapa tau namanya mau merdekawati..nanti pas di minggu 38. tanggal 16 malemnya ibu kesini. jadi kita bisa operasi pagi-pagi. Pas yang lain pada upacara.."
Hopeless dong waktu itu. palagi yang nganter bukan suami, tapi mamah mertua. karena suami saya lagi UAS hari itu. Jadi kebayang kan kalo perempuan lebih gampang parnoan. Jadi pasrah aja deh akhirnya. Terakhir dokter bilang
" bu, nggak usah nunggu mules yah, nanti kesini aja.."
"iya dok..."

Sampai di rumah, malemnya saya cerita semua ke suami, nggak ada yang kelewat sedikitpun.suami juga bilang
"Ya udaah... yang penting mah neng sama dede nya sehat, gak apa operasi juga. Sekarang berdo'anya mudah2an operasinya lancar, terus nanti neng cepet pulih lagi..yah,," kata suami sambil usap usap kepala, nenangin saya.


13 agustus 2009

02.30
kebelet pengen pipis, tapi kok nggak pipis yah.. aduh, mulesnya aneh, kayak pengen pup, tapi kok ngak keluar yahh.....
Udah gak bisa tidur, mules, ke kamar mandi, ke kasur lagi, mules lagi, ke kasur lagi.
04.00
" a, ini mules..kayaknya mau ngelahirin deh.."
" mmm... nggak,, kan kata dokter juga gak akan mules mau operasi mah..yuk tidur lagi aja,," sambil usap usap perut saya.
tapi saya nggak bisa tidur, kok tambah nggak enak gini yah rasanya, pinggang kayak mau copot. Tapi belom pengen nyakar orang kok.. (inget kata bidan)
Nggak lama adzan subuh, di sela-sela mules saya sholat dulu. Dan ternyata kata suami saya, pas adzan itu dia udah bangun. Terus mau nganter saya ke bidan, siapa tau mules beneran. Tapi liat saya lagi sholat, dia tidur lagi. Katanya " aah..masa yang mules sempet sholat dulu, kan katanya pengen nyakar orang.." lagi lagi inget kata bidan.
05.00
suami bangun juga, langsung nanya
" masih mules?"
" iya, masih.. tambah mules malah.."
" bentar lagi kita ke bidan atuh yah, Aa solat dulu.."
" iya, tapi baju neng belum di siapin, kita packing dulu yah.."
" iyah..nanti kita bangunin mamah.."
suami sholat, terus nyiapin baju saya, sementara saya bersih bersih badan sebelum pergi. Sempet kepikiran mau mandi dulu, tapi dilarang suami. Takut keburu brojol katanya.
05.30
Ke bidan deket rumah dianter mertua lengkap. Mamah sama Apa ikut. Ternyata bener, kali ini bukan braxton hicks, tapi emang ada pembukaan. Hasil VT bidan udah pembukaan 4. Langsung kita heboh mau ke klinik, karena rujukannya  Caeasar, kebayang bayang deh gambatr yang di kasih liat dokter, kepala bayi nya mentok kalo maksain normal. Kita balik lagi ke rumah, ngambil tas sama persiapan lainnya. Suami langsung telfon ke klinik langganan kontrol saya. Kata suster jaga, DSOG saya lagi ada di bogor. Suster nyaranin buat dateng dulu ke klinik. Katanya ada DSOG pengganti kok. Terus siapa tau aja bisa lahiran normal. Bidan mau liat dulu kondisi dedenya.
Perjalanan dari rumah ke klinik sekitar 40 menit. Di jalan suami langsung ngehubungi sodra-sodara juga temen-temennya. Minta do'a dari semuanya, Sambil ngusap-ngusap punggung bawah saya. Selesai ngasih kabar kabari ke semua, tangannya megangin tangan saya. Pas mulesnya nambah, saya meringis, terus saya tarik nafas, keluarin dari mulut sepanjang mungkin. Saat itu saya saa sekali nggak tau harus bernafas kayak gimana. Cuma nyoba buat setenang mungkin biar rasa sakitnya nggak terlalu kerasa. Nyampe di klinik, saya langsung di sambut sama suster yang entah berapa orang, tapi kayaknya lebih dari 4 suster. Langsung ditawarin kursi roda. Tapi saya nggak mau, orang saya masih bis ajalan sendiri. Bidan saya inget ada 2 orang. Yang satu masih muda, yang satunya lagi kakaknya se usia ummi.

06.15
Sesampainya di klinik, saya langsung dibawa ke ruang bersalin. Pertama di VT dulu sama ibu bidan. Pembukaannya nambah, udah pembukaan 5 sekarang. Terus dipantau detak jantung bayinya. Saya nggak tau apa namanya, hasilnya bagus. Karena suami saya nelfon dulu sebelum saya datang, jadi ibu bidannya udah tau rekam medis saya tentang posisi dede sama adanya lilitan tali pusat. Dan disana pun di USG lagi, Kata ibu bidan
"kita liat dulu yah, kalo lilitannya udah nggak ada, bisa di usahain normal. dokternya juga udah di jala ko.."
Tapi ternyata, bukannya lepas, lilitannya malah nambah jadi 3. Yaaah.... ibu bidan nyerah deh, katany aklao di paksain, resikonya tambah gede. Bukan cuma kepala bayi yang mentok gak bisa keluar, tapi bayinya bisa kehabisan nafas juga. Astagfirullah...serem banget ngebayanginnya juga. kalo resiko tingginya di saya sih kayaknya saya nekad, tapi kalo resikonya di dede, nggak mau coba-coba deh.. Nggak papa, mungkin dede punya cara sendiri buat lahir ke dunia.

Karena klinik ini nggak ada vasilitas operasi, saya di rujuk ke RS lain untuk operasinya. Sedangkan perawatnnya kambali di klinik ini. Sistem ini udah di jelasin sama dokter waktu periksa terakhir. Dokter kasih beberapa pilihan rumah sakit. Tentunya rumah sakit rujukannya masih tempat praktek dokter ini. Yang pertama, rumah sakit umum daerah. Yang kedua, rumah sakit swata yang terkenal mahal banget biayanya di daerah bandung. Yang ketiga saya nggak tua itu swasta ato negeri. Pilihan rumah sakit ini bebas saya dan eluarga yang nentuin. Tapi karena kalo kita ambil pilihan yang pertama dan kedua, perawatan setelah operasi harus tetap di RS itu. Nggak bisa di klinik. Yang di RS, ummi saya gak setuju. Katanya susternya banyak yang judes, takut nggak bener ngurusnya. RS swasta yang harganya selangit itu jelas di skip dari pilihan kami. Hehehehe..... jadi pilihan kami ke RS yang saya nggak tau itu swasta ato bukan. Tapi perawatannya tetap di klinik aja. Cuma numpang operasi doang.

Kami akhirnya ke Rs, sebelum pergi ibu bidan tanya ke saya terakhir makan kapan. Saya bilang tadi malem, saya belum makan apa apa lagi. Kata ibu bidan bagus, jadi bisa langsung operasi pas saya nyampe di sana. Ditemani personil tambahan, yaitu suster dari klinik, perjalanan kami lanjutkan. Kali ini bukan suami yang nemenin saya duduk, tapi suster. Sambil ngecek-in denyut jantung dede. Saya di ajarin buat tarik nafas yang panjang, terus keluarin pendek-pendek. Dipijitinnya juga sama suster, dan lebih enak pijitannya dibanding pijitan suami tadi. Hehehehe.....udah pengalaman nih suster nemenin ibu ibu yang mau ngelahirin. Jadi suami saya duduk di depan. Saya sama suster di tengah. Sedangkan ummi, ayah, sama mamah di belakang.

07.50
Baru nyampe Rs.Padahal kita lewat jalan tol biar cepet nyampe. Tapi karena jam sibuk, jadi tetep aja lama nyampenya. Sambil meringis, badan rasanya kok nggak enak gini yah. Badan bagian bawah rasanya kaya ada yang narik-narik. Pinggang jangan ditanya gimana rasanya. Kayanya emang udah copot beneran. Saya coba miring kanan, miring kiri, cari posisi nyaman. Tapi tetep nggak nyaman juga. walaupun tetep nggak di dosis yang tereak histeris kayak di sinetron. Pijatannya dari suster sangat membantu, rasanya enaaak... banget. Kalo saya meringis, punggung saya yang di pijit. Pas udah nggak terlalu meringis, telapak tangan saya yang dipijit, katanya biar saya rileks. Terus cek lagi denyut jantung bati, sambil liatin jam. Entah ngitung apa susternya. Saya nggak tau.
Pas dateng, saya ditawarin kursi roda lagi, yah saya tolak lagi. Kesannya gimanaaaa... gitu kalo pake kursi roda. Saya jalan aja, dipapah sama suster. Kadang saya refleks jongkok sambil megangin perut. Ada rasa kayak pengen ngeden. Dibayangin, kayaknya kalo ngeden enak deh, bakal plong. Tapi langsung inget kalo bayi udah terlanjur keluar, nanti mentok dan kehabisan nafas.
Suami saya langsung urus-urus surat. Habis suami beres urus surat-surat, saya disuruh ganti baju pake baju buat operasi. Mirip baju kalo kita jenguk ke ruang icu. Bajunya cuma dimasukin dari depan, terus belakangnya pake tali. Saya ganti dibantuin suami. Suami juga ngerapihin rambut saya, yang mulai berantakan karena cuma di iket asal. katanya
" operasi juga, rambutnya jangan keliatan yah...yang masih mungkin ditutup, kita usahain tutup,,"
Suami saya emang juara . Love you abah, mmuah mmuach...

 Bahkan suami saya yang takut banget sama jarum, setia nemenin pas saya di pasang infus, pasang buat transfusi, pasang kateter, tetep dia nemenin saya. Pas suster pergi, dia bilang
" neng, serem jarumnya panjang banget, sakit nggak?"
" nggak, kalah kayaknya sama mules..jadi biasa aja, cuma ini mules banget... "
saya jawab sambil meringis, suami nenengin sambil ngusap-ngusap punggung saya. Kadang usapin tangan, kepala, perut saya juga di usap-usap. Berusaha bikin saya nyaman biar sedikit mengurangi nikmatnya kontraksi.
Dan saya kok jadi berasa melow gini yah, jadi takut gimana kalo habis operasi nggak bangun lagi. Gimana kalo ngagak berjalan lancar. Wah, galau nya ini parah banget. Jadi nangisnya bukan karena mules, tapi nggak ngerti deh kenapa jadi segalau itu.

08.40
Saya masuk ke ruang operasi. sempet di VT sekali lagi, soalnya saya udah keliatan banget nggak nyaman buat duduk. hasil VT nya pembukaan 6. Kata dokter anastesinya
" Sabar yah bu, benrat lagi gak berasa kok mulesnya. "
Terus dokternya nyuruh saya duduk bersila. Katanya saya mau di bius. Di kiri dan kanan saya, dua suster memeluk dengan erat. Katanya biar posisin sayanya nggak rubah. Saya pikir, wah ini pasti sakit yah dibiusnya. Sampe dipegangin, biar nggak berontak. Dan   Tekk... saya ngerasa ada yang neken di tulang belakang. Dan sama sekali nggak sakit ternyata. Rasanya lebih mirip kaya diteken pake pulpen. Jadi saya bingung, kok pada heboh sih? atau kalah sakitnya sama mules, jadi nggak terlalu berasa. Dan bener ternyata, nggak nyampe 5 menit mulesnya ilang, terus saya di posisi kan berbaring, tangannya dua-duanya di iket. Yang nempel ke badan nggak tau apa aja deh. di bawah dada di pasangin kayak tirai biar nggak keliatan prosesnya. sempet ditawarin liat. Tapi saya nggak mau. Ngebayanin aja udah serem, apalagi ngeliat badan kita sendiri di belek-belek gitu.
Operasi di mulai dengan do'a bersama, untuk kelancaran operasinya. Seingat saya ada 3 dokter.Dokter kandungan,yang belakngan saya tau beliau adalah adik dari dsog saya. Dokter anastesi, dan dokter anak. Susternya ada 3 juga kayaknya.
" udah siap bu?' kata dsog nya.
" udah dok, masa udah kayak gini masih nggak siap.." kata saya senyaman mungkin, biar gak grogi.
dokter sama suster malah ketawa saya jawabnya gitu.
" wah si ibu, udah tau yah bakal di operasi?" kali ini dokter anastesi yang nanya.
" iya, udah nyiapin mental kok kalo harus operasi, udah mulai dok operasinya?"tanya saya penasaran.
" udah, tunggu yah bu.."
Nyeeeesss..... berasa anget perutnya. Seolah-olah disiram aer anget. Oh, mungkin perut saya udah ada jendelanya, pikir saya. Terus ada rasa kayak di uwek uwek (apa yah bahasa indonesianya )di perut. Kerasa loh, ada tangan yang masuk ke perut, terus di ubek- ubek, tapi nggak sakit. Berasa mimpi banget lah waktu itu.
" ibu udah tau belum anaknya laki-laki ato perempuan?" dsog nanya lagi.
" udah dok, hasil usg perempuan sih.. tapi laki-laki juga nggak apa-apa. Yang penting sehat."
" bentar lagi yah bu, bentar lahi ibu ketemu bayinya.."
" iyah, sip dokter.."
Ooeekkk....oooeekk......ooeekk....... suara nangisnya kenceeenggg... banget.
" itu bayi saya dokter??"
" iya atuh bu, bayi siapa lagi..dasar si ibu" dokter jawab sambil ngetawain saya.
seorang suster gendong bayi saya ke saya. Disimpen di dada saya buat imd. Sedih saya nggak bisa peluk sendiri dede, karena tangan saya yang di pasang banyak alat medis. Proses imd sangat dibantu suster yang megangin dede. Mata saya basah lagi. Haura cantik banget. Rambutnya tebel, bulu matanya udah eksis, tebel banget. Mirip abahnya(suami saya). Ajaib rasanya, kalo dulu cuma ngerasain ada yang tedang tendang di perut, sekarang udah ada di atas dada saya. Alhamdulillah gak lama Haura dapet puting, langsung minum asi lahap. Tapi karena gak bisa langsung saya peluk, Haura gak boleh lama -lama imd nya. Habis minum asi, langsung dibawa sama susternya. Sedangkan saya, dokter masih 'ngebenerin' perut saya. yang ternyata lebih lama dari ngeluarin bayi.
Dan rasa ngatuk langsung terasa. Mata udah berraaaattttt....banget. Kalo sebelum liat Haura, ngantuknya di tahan, karena udah gak sabar pengen liat. Sekarang berasa nggak ada yang di tunggu, bawaannya pengen tiduuuurrr.... ngantuk berraaatt..
" bu, bu, jangan tidur.. udah nyiapin nama belum buat bayinya" dokter anastesi yang sadar saya hampir tidur berusaha bikin saya tetep melek. Sambil tepuk-tepuk pipi saya.
" mmm.... iya, udah. Namanya haura.." saya jawab sambil males. Ngantuk banget ini, obrolan dokter juga udah agak samar-samar kedengerannya.
" naura bu?" usaha lagi dokternya biar saya ngomong..
" bukan, haura..." jawab saya.
" ibu rumahnya dimana bu?" kali ini dsog yang nanya.
" cimahi, tapi suami di cisarua, jadi saya tinggal di cisarua.."
" wah rumah saya deket situ dok!!" suster ikutan ngomong sekarang.
" daerah mana bu cisaruanya? " semangat amat ini suster nanyanya. berasa ketemu temen sekampung kali yah...
" pasirlangu, dari SPN masuk lagi ke dalem.." saya makin teler nahan ngantuk.
" ooohh.... disana. banyak paprika yah bu disana?" suster tambah semangat nanya.
" iyah...." kepala rasanya udah mau terbang nih.
" kenapa bu nggak bawa paprika, dokter Dxxxxx kesukaannya paprika looh..." komentar dsog, tau aja kesukaan kakaknya.
" lagi mules boro-boro mikirin paprika dokter...." seinget saya itu jawaban saya yang terakhir. Ngantuknya udah nggak bisa di tahan. Obrolan dokter sama suster pelan-pelan udah makin samar. lama lama nggak kedengeran.
" bu, bu, bangun... udah selesai bu.." lagi-lagi dokter anastesi bangunin saya.
" sekarang ibu udah boleh keluar. pindah ke ruangan observasi yah.." lanjut dokter.
" mmm....." angguk saya.
bebepara alat dilepas dari badan saya. Masker oksigen juga, tapi....kok jadi gak bisa nafas gini yah. Sesek nafas saya. Saya gerakin tangan saya nunjuk ke dada sambil bilang
" ini dok, ... sesek.."
" oh, pake lagi deh.." kata dokter anastesi sambil masangin masker oksigen lagi.
Ternyata sistem pernafasan saya belum berfungsi seperti sebelumnya. Makanya saya sesek.

09.40
Ruang observasi. Yang pertama dateng liat saya itu mamah, ibu mertua saya. Mamah ngasih kecupan di kening saya. Wajah khawatir masih keliatan jelas di wajah mamah. Disusul ummi sama ayah saya. Lagi, mereka ngasih kecupan di kening saya. Wajah ayah keliatan lebih tegang daripada ummi sama mamah. Ayah langsung bilang kalo dede mirip rahmah waktu bayi, adik saya. Saya cuma senyum. Suami saya, terakhir dateng. Karena saya kasih tugas untuk terus liatin dede. Jangan ditinggalin, kecuali udah ada yang gantian nunggu. Saya kebanyakan nonton sinetron, takut dede ada yang nuker ato ada yang ngambil.
Jadi setelah dede keluar ruang operasi, suami saya langsung ngikutin suster, sambil rekam merekam dede. Sementara ummi, ayah, dan mamah nunggu di depan ruang operasi. Dia disana sampe ummi sama mamah dateng ke ruangan bayi.
Waktu suami dateng, kata pertama yang langsung dia bilang
" dede teh,, mirip de iki" mirip sepupu saya. # gubrakkk# bukannya nanyain keadaan saya, ato kayak orang tua-orang tua saya tadi yang ngasih kecupan di kening, baru komentar bayinya. Ini malah langsung komentar aja. Kumat deh nggak romantisnya, padahal sebelum operasi perhatian banget. Nggak tau gitu operasi banyak resikonya. Hehehehe..... curhat, tapi tetep love you full kok bah.
Dan ternyata setelah haura usia 7 bulan, dia baru tau resiko operasi caesar itu sebahaya apa. Dan langsung merasa bersalah, langsung minta maaf karena waktu saya operasi, dia malah tenang-tenang aja. Katanya dia kalo operasi nggak usah ngekhawatirin apa-apa. Makanya dia adem ayem aja. Gitu katanya, hhmmmm..... gitu ceritanya dia nggak langsung nanya keadaan saya, karena yakin saya nggak apa-apa.

16.15
Harusnya saya di ruang observasi dua jam, ngeliat perkembangan saya. Takut ada pendarahan atau komplikasi lainnya. Tapi, ambulans yang seharusnya jemput saya buat balik lagi ke klinik terlambat. Saya baru dijemput jam 4. Di ambulans nya itu yang lebih sakit dari apapun. Mungkin, kalo ambulans nya nggak telat, harusnya dateng jam 1, dan itu efek obat bius sisa operasinya masih ada. Nah ini, operasi dari pagi, sore baru dijemput. Efek obat bius udah nguap kali ke langit ke tujuh. Perjalanan ke klinik jauuuuuhh...... lebih sakit dari mules kontraksi tadi. Bayangin aja, luka operasi di perut yang obat biusnya udah nggak ngefek. Bangun aja nggak boleh sama dokter, miring kanan miting kiri pun baru boleh setelah 24jam. Dan ini????? naek ambulans.....hiks hiks hiks,,,, sakitnya tiada tara.
Di ambulans mamah megangin badan atas saya. Ummi megangin bagian tengah. Ayah megangin kaki. Usaha itu untuk meminimalisir goncangan yang akan saya rasakan. Keringet mamah, ummi, sama ayah nggak berenti keluar. Saya juga terus komat kamit baca semua do'a yang saya hafal. Meringisnya sambil berurai air mata sepanjang perjalanan. Kayaknya itu sakit yang paling sakit seumur hidup saya. Tiap ada polisi tidur ato jalan yang jelek sopir nya bilang
" tarik nafas yah bu, jalannya jelek....."
" tarik mafas ya bu, polisi tidur...."
 Suami saya nggak ikutan tegang di bekalang, soalnya dia duduk di depan sambil dendong dede. sibuk ngajak ngobrol anaknya. berkali-kali saya dengar dia bilang
" dede teh liat dunia, iyah.... udah nggak di perut lagi..."yang pasti nggak dijawab yah, orang belum bisa ngomong.

17.40
Perjalanan yang terasa menyiksa berakhir juga. Sesampainya di klinik, saya minta pengen mandi ke suster. Dari pagi tadi belom mandi, badan nggak enak banget. Jelas penolakan halus dari suster.
" emangnya ibu udah bisa bangun..... nanti saya seka ajah yah biar sedikit enak badannya,,," susternya ramah banget di klinik ini, ini yang bikin saya pengen perawatannya disini. Apalagi, biaya perawatan kelas 1 di klinil ini masih lebih murah dari kelas 3 di Rs swasta kenamaan di bandung.
Suster langsung ngebersihin saya. Badan rasanya lebih nyaman, apalagi setelah itu sodara-sodara gantian nengok saya. Bahkan ternyata udah ada yang stand by dari tadi nungguin saya dari Rs. Senangnya banyak sodara.

 23.00
 Suami masih setia duduk di pinggir tempat tidur saya, sambil usap usap kepala saya. Kebiasaan baru setelah menikah, saya baru bisa tidur kalo dahi dan kepala saya di usap usap suami. Ngantuk sama cape jelas keliatan dari wajahnya. Saya yang sama sekali nggak ngantuk nggak tega bikin suami harus terus usap usap sampe saya tidur, sementara suami udah keliatan teler.
" a, bobo aja sana..udah nggak usah di usap-usap lagi.."
" gapapa,, sok bobo, istirahat yah.." suami masih nggak ngaku dia udah teler gitu.
" nanti juga bobo da, neng mah udah bobo pas masih di Rs, aa mah belom... sana bobo aja, " saya makin nggak tega liat suami pura-pura nggak teler.
" beneran gak papa..??" tanya suami
" iyah... sana bobo."
" ya udah, sama ummi yah di usapinnya,, ini mi, di gini-giniin yah ..." suami saya ngajarin ummi yang adalah ibu kandung saya. Lucu liat adegan itu, suami saya kayak bukan bilang ke ibunya aja. Ummi juga pasti aneh, soalnya dulu nggak ada ritual gitu juga tidur sendiri sayanya.
" Gini....." kata ummi
" iyah, nanti juga tidur da neng nya,," kata suami saya.
Suami saya lagsung tidur di tempat tidur yang emang disediakan untuk penunggu. Ummi masih usapin saya, mandat dari menantunya untuk jagain anaknya. hehehe...
Tapi rasanya beda. Ummi yang usapin, sama suami yang usapin. Malah kasian ummi yang nggak kalah teler kayak suami tapi masih berusaha bangun gara-gara saya. Akhirnya ummi saya suruh tidur. Ummi tidur berdua suami saya. Pada di tekuk deh kaki nya, sempit-sempitan. Adegan lucu pun saya saksikan. Hampir semalaman, suami saya kentut, kakaknya dia masuk angin. Ummi pules aja tidurnya. Saya senyum senyum deh liatnya.

17 Agustus 2009

Hari ini jahitan di perut saya dinyatakan " bagus". Dokter ngijinin saya pulang. Dede yang awalnya billirubinnya tinggi juga udah sehat. Tadinya hari, 17 agustus, operasinya di rencanakan. Tapi, ternyata dede nggak mau namanya jadi merdekawati. Hehehehe.... Dede memilih tanggal lahirnya sendiri. Dengan caranya sendiri. Padahal de, kalaupun lahir 17 agustus, nggak akan di kasih nama merdekawati kok sayyy...
Nama dede bayi yang cantik itu, Haura Dzakiyyah Azzahro. Haura artinya bidadari. Dzakiyyah artinya perempuan yang cerdas. Azzahro diambil dari putri Nabi Muhammad saaw, yang berarti wajah yang bersinar di surga. Mudah-mudahan Haura jadi wanita yang secantik bidadari, akhlaknya seindah bidadari, cerdas, dan kelak wajahnya akan bersinar di surga. Aammiiinnn......

Masa penyembuhan saya pasca operasi terbilang cepat, kalo menurut kakak sepupu yang pernah di operasi juga. dalam waktu 10 hari saya bisa memandikan sendiri Haura. Sakit yang keliatan cukup menyiksa, pernah sekali terjadi. Kata suami saya, keadaan saya setengah sadar. Antara tidur dan terjaga. Tapi saya nangis sambil pegangin perut. Saya malah nggak nyadar. Setelah saya meringis sambil nangis, saya tidur lagi. Tapi masih sambil terisak, masih kata suami saya.

Kita belajar dari pengalaman. Pengalaman melahirkan anak pertama saya yang melalui sectio caesaria, memberikan banyak pelajaran bagi saya. Saya ingin jika berkesempatan hamil lagi, saya harus melahirkan dengan normal. Tanpa operasi. Sehingga pemulihannya lebih cepat. Cerita dari ummi, mamah, kakak sepupu, bibi, wanita yang melahirkan normal bisa pulih jauh lebih cepat dari yang caesar. Ngebayangin operasi lagi aja, bikin luka yang udah sembuh 4 taun ini nyut nyut-an lagi. Nggak kebayang kalo operasi pertama aja sakitnya kadang masih suka dateng, apalagi 2 kali.

Kuliah gimana nasibnya?? dadah bye bye deh akhirnya. Cuti yang kepanjangan, dari mulai bedrest, mehirkan. Udah ada bayi, apalagi. Jadi betah punya maenan baru. Terus, kan pengeluaran tak terduga lebih banyak menguras dompet setelah Haura lahir. Daripada di pake kuliah, mending di tabung buat keperluan Haura ke depannya. Jadi mikirnya, ya udah lah biarin nggak usah kuliah lagi aja. Sekarang waktunya jadi ibu rumah tangga. Suami saya nggak tapi, masa harus ikutan mogok juga. Kegiatannya sehabis pulang kuliah, maen sama Haura. Kita jadi keluarga muda yang sama-sama belajar jadi orang tua. Proses panjang yang nggak ada akhirnya.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------


Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sumpah!
Kita seneng kalo ada yang komentar, apalagi kalo komentarnya bagus.
Ayo komentar jangan cuma jadi silent reader.
Terimakasih juga sudah berkunjung, ditunggu kunjungan selanjutnya.
(n_n)